Penyebab Asam Urat di Usia Muda, 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari

Senin, 14 Oktober 2024 - 15:40 WIB
loading...
Penyebab Asam Urat di...
Penyebab asam urat di usia muda dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, dan menyebabkan radang sendi. Foto/Balance Health
A A A
JAKARTA - Penyebab asam urat di usia muda dipicu oleh sejumlah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, dan menyebabkan radang sendi yang umum dan kompleks.

Asam urat di usia muda biasanya ditandai dengan serangan nyeri, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri tekan yang tiba-tiba dan parah pada satu atau beberapa sendi. Di mana yang paling sering terjadi pada jempol kaki.

Asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi, menyebabkan peradangan dan nyeri hebat akibat serangan asam urat. Kristal urat dapat terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah tinggi. Tubuh memproduksi asam urat ketika memecah purin, zat yang ditemukan secara alami di tubuh.

Berikut daftar penyebab asam urat di usia muda dilansir dari Mayo Clinic, Senin (14/10/2024).

Penyebab Asam Urat di Usia Muda





1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin


Penderita asam urat harus benar-benar mengenal makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, unggas, seafood, dan jeroan harus dihindari. Ada juga sederet makanan yang dianggap sehat, ternyata tidak aman buat asam urat.

Makanan sehat yang ternyata tinggi kandungan purin antara lain kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, kacang polong, kacang merah, kedelai, dan polong-polongan. Selain itu, hindari sayuran hijau seperti asparagus, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, daun singkong, jamur kuping.

2. Kelebihan Berat Badan


Kelebihan berat badan dapat melipatgandakan kemungkinan terkena asam urat. Pada umumnya, obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi adalah kondisi yang biasa terlihat bersamaan. Jika ketiga kondisi tersebut terdapat pada pasien yang sama, maka disebut juga sebagai sindrom metabolik.

Pasien dengan kondisi ini sering kali mengalami peningkatan asam urat dalam darahnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)